<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN"^^ . "Latar belakang penelitian ini karena masih belum optimalnya\r\npengembangan kemampuan kerja sama dan rendahnya hasil belajar IPS kelas VIII\r\nSMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan\r\nmetode STAD dan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan kerja sama\r\ndan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sleman.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental)\r\ndengan desain pretest-posttest, randomized group design. Populasi dalam\r\npenelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Sleman sebanyak 192 siswa.\r\nSampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas\r\nVIII E sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 2.\r\nTeknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes.\r\nValiditas instrumen diuji dengan menggunakan validitas isi dan validitas\r\nkonstruk. Reliabilitas diuji dengan metode Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisi\r\ndalam penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang\r\ndigunakan yaitu uji-t (independent sample t-test)\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan\r\nantara metode STAD dan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan kerja\r\nsama dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sleman. Perbedaan\r\nyang signifikan dalam meningkatkan kemampuan kerja sama antara metode\r\nSTAD dan metode CIRC dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2\r\nSleman dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,293 > 2,000) dan nilai signifikansi\r\n< 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan\r\nbahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara metode\r\nSTAD dan metode CIRC dalam hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2\r\nSleman yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,571 > 2,000) dan nilai\r\nsignifikansi < 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,013 < 0,05.\r\nKata kunci : metode STAD, metode CIRC, kerja sama, hasil belajar IPS"^^ . "2015" . . . . "FIS"^^ . . . "Pendidikan IPS, FIS"^^ . . . . . . . . . "Patridina"^^ . "Yunitasari"^^ . "Patridina Yunitasari"^^ . . "Taat Wulandari"^^ . . . . . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN (Text)"^^ . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "SKRIPSI FULL 11416244006mm.swf"^^ . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #30454 \n\nPERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan IPS" . .