@phdthesis{UNY30453, year = {2015}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA CETAK KIRIGAMI POP UP MATERI PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN PENGARUH ISLAM DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VII}, school = {FIS}, author = {Tri Wulandari}, url = {http://eprints.uny.ac.id/30453/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Media Cetak Kirigami Pop Up materi Perkembangan Kebudayaan Pengaruh Islam di Indonesia untuk mata pelajaran IPS SMP kelas VII; dan 2) mengetahui kelayakan Media Cetak Kirigami Pop Up berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS dan tanggapan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dan mengacu model pengembangan dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Berbah. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian validator serta lembar angket untuk uji penggunaan peserta didik dan guru IPS. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mengembangkan Media Cetak Kirigami Pop Up dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: a) mengkaji Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD); b) merumuskan materi Perkembangan Kebudayaan Pengaruh Islam di Indonesia yang akan dibuat; c) merumuskan strategi dan cara pembuatan yang terdiri dari mengumpulkan gambar, menentukan poin materi, membuat brief, mendesain menggunakan Adobe Ilustrator CS 5, mencetak menggunakan kertas ivory 320 gram, menempel background, memotong dan merangkai konstruksi pop up, menjilid hardcover; d) membuat brief; e) pemilihan gambar; f) menentukan poin-poin materi; g) merancang dan menyelesaikan media, h) validasi dan revisi desain; i) uji penggunaan media oleh guru dan peserta didik; dan j) melakukan penyempurnaan produk; dan 2) Media Cetak Kirigami Pop Up dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS dengan kategori Sangat Baik. Kata kunci: Media Cetak Kirigami Pop Up, media pembelajaran, IPS} }