%0 Thesis %9 S2 %A Saputro, Ekaresta Prihardjati %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:30393 %I UNY %K evaluasi, keefektifan, manajemen program pembelajaran BIPA %T Keefektifan Manajemen Program Pembelajaran BIPA di Lembaga Kursus BIPA Kota Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/30393/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen program pembelajaran BIPA di lembaga kursus BIPA kota Yogyakarta. Aspek manajemen yang dievaluasi terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kombinasi kuatitatif dan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah discrepancy evaluation model. Subjek penelitian adalah kepala bagian pengajaran/manajer, staf kurikulum, guru, dan murid. Data penelitian dikumpulkan melalui pencermatan dokumen, observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek perencanaan pada manajemen program BIPA dilakukan dengan membuat desain silabus berdasarkan analisis kebutuhan murid. Aspek perencanaan program pembelajaran BIPA mencapai 93%, kesenjangan 7% dengan kriteria “sangat efektif”. Aspek pengorganisasian program mencapai 99%, kesenjangan 1% dengan kriteria “sangat efektif”. Aspek pelaksanaan program mencapai 93%, kesenjangan 7% dengan kriteria “sangat efektif”. Aspek pengawasan program mencapai 86%, kesenjangan 14% dengan kriteria “sangat efektif”. Secara keseluruhan keefektifan manajemen program pembelajaran BIPA memiliki kriteria “sangat efektif”, dengan capaian 93% kesenjangan 7%.