TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id ID - UNY30378 M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DALAM UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN AV - public A1 - Margiarti, Risa PB - FIS N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran komik dalam upaya peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Muhammdiyah 1 Wates. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian dipilih secara acak (random sampling). Jumlah sampel yaitu 40 orang. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran komik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi partisipasi siswa dan tes prestasi belajar. Validitas instrumen dilakukan oleh ahli (expert judgment) dan menggunakan program Iteman. Validitas media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan nilai 3,68 dan keterangan layak digunakan dengan revisi. Teknik pengujian hipotesis dengan menggunakan nilai presentase dan Independent Sample T-Test, and Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran komik efektif dalam upaya peningkatan partisipasi siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis persentase rata-rata partisipasi siswa kelas eksperimen sebesar 79,41% yang masuk dalam kategori tinggi dan rata-rata partisipasi siswa kelas kontrol sebesar 73,52% yang masuk kategori cukup tinggi. Pengujian gain score media pembelajaran komik menghasilkan tingkat efektivitas sedang. 2) Media pembelajaran komik efektif dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis Independent Sample T Test yang diperoleh thitung sebesar 2,284. Hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,09 dan hasil rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 76,05. Pada uji hipotesis Nilai thitung > ttabel (2,284 >2,021). Pengujian gain score menghasilkan tingkat efektivitas sedang dengan nilai efektivitas sebesar 0,63 untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajatan powerpoint menghasilkan efektivitas sebesar 0,48. Kata kunci: Media Pembelajaran Komik, Partisipasi Siswa, Prestasi Belajar Y1 - 2016/// ER -