%0 Thesis %9 S3 %A Muchlas, Muchlas %B Program Pascasarjana %D 2013 %F UNY:30377 %I UNY %K pengembangan, model, pembelajaran online %T Pengembangan Model Pembelajaran Online untuk Praktik Teknik Digital di Perguruan Tinggi %U http://eprints.uny.ac.id/30377/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran praktik online teknik digital dan perangkat-perangkat pendukungnya, dan mengetahui kelayakan dan efek pembelajaran dari model yang dikembangkan, sehingga dapat digunakan oleh para dosen di Program Studi Teknik Elektro dan program studi serumpunnya sebagai alternatif penyelenggaraan kegiatan praktik yang fleksibel dengan biaya rendah. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahap-tahap pengembangan yakni studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, ujicoba awal, revisi produk utama, ujicoba lapangan, revisi produk akhir, serta diseminasi dan implementasi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli pembelajaran multimedia, ahli bidang studi teknik digital, ahli ¬e-learning dan ahli desain instruksional. Untuk memperoleh konsensus para ahli terhadap validitas model hipotetik yang dikembangkan, digunakan teknik Delphi yakni penyimpulan hasil berdasarkan konsensus para ahli. Konsensus para ahli mencakup aspek-aspek (1) identifikasi masalah melalui analisis kebutuhan, (2) penentuan prioritas, dalam hal ini jenis dan pembuatan produk, (3) penentuan tujuan program, dan (4) penentuan solusi untuk menyelesaikan masalah. Tahap berikutnya adalah mengujicobakannya pada 10 orang instruktur dan 25 orang mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro. Uji coba ini digunakan untuk mengetahui dampak pembelajaran praktik dan persepsi subjek terhadap penerapan produk dalam suatu kegiatan praktik. Penyimpulan hasil konsensus validitas para ahli dan persepsi subjek pada penelitian ini dianalisis dengan metode persentase, sedangkan penentuan dampak pembelajaran dengan uji beda rata-rata nilai subjek. Penelitian ini telah menghasilkan model pembelajaran online untuk praktik teknik digital beserta perangkat pendukungnya yang layak diimplementasikan untuk mendukung kegiatan praktik yang fleksibel dengan biaya rendah di perguruan tinggi. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah Portal Laboratorium Virtual dengan alamat akses http://elab.uad.ac.id, Panduan Model Pembelajaran Praktik Online, Satuan Acara Perkuliahan/Praktik Teknik Digital, Buku Ajar Teknik Digital, Panduan Pengoperasian Simulator Breadboard, Panduan Praktik Online untuk Dosen/Instruktur/Mahasiswa, dan Panduan Praktik Teknik Digital dengan metode inkuiri terbimbing. Melalui penelitian ini juga telah dapat dibuktikan bahwa produk yang dikembangkan memberikan dampak pembelajaran yang positif, yaitu dapat menaikkan tingkat pencapaian belajar mahasiswa secara signifikan. Produk juga memperoleh persepsi yang positif dari subjek terkait dengan aspek instruksional dan aspek tampilan produk.