%L UNY30371 %K pendidikan karakter, budaya sekolah %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: a) implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SMA Negeri 1 Dompu dan SMA Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu dan b) dampak implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SMA Negeri 1 Dompu dan SMA Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Dompu dan SMA Negeri 1 Kilo. Pengambilan data menggunakan metode pengamatan langsung, wawancara mendalam dan penggunaan dokumen. Data dianalisis dengan mengadaptasi model interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berulang dan terus ¬menerus yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan berikut ini. 1) Pengembangan budaya sekolah untuk pembentukan karakter yang dilakukan di SMA Negeri 1 Dompu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi berjalan dengan baik. Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SMA Negeri 1 Dompu berjalan dengan baik didukung oleh warga sekolah dan komite sekolah. SMA Negeri 1 Dompu memiliki banyak kegiatan untuk membangun budaya sekolah yang diikuti oleh siswa. Sedangkan di SMA Negeri 1 Kilo, perencanaan pengembangan budaya sekolah berjalan baik tetapi pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kurang baik. Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SMA Negeri 1 Kilo kurang berjalan lancar, karena kurangnya dukungan warga sekolah, kurangnya dukungan komite sekolah dan kurangnya kegiatan untuk membangun budaya sekolah. Perbedaan kondisi implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah antara SMA Negeri 1 Dompu dengan SMA Negeri 1 Kilo sangat ditentukan oleh peran kepala sekolah. Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin yang dapat membangun budaya sekolah yang positif. 2) Dampak pembentukan karakter melalui budaya sekolah di sekolah berwujud: a. mencintai kebersihan; b. keindahan dan kerapian; c. ketataan beribadah; d. kepatuhan pada peraturan; e. saling menghargai, sopan santun dan kekeluargaan; f. kejujuran dan tanggung jawab; g. kebersamaan; h. penataan dokumen dan sarana pendidikan yang rapi; dan i. partisipasi dan keterlibatan stakeholders. %A Nuril Furkan %T Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SMA Negeri 1 Dompu dan SMA Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu %I UNY %D 2013