eprintid: 30366 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/03/03/66 datestamp: 2016-03-17 04:30:51 lastmod: 2019-01-29 08:05:15 status_changed: 2016-03-17 04:30:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kuswandari, Rr. Eny title: Aplikasi Model Component Display Theory (CDT) dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer ispublished: pub subjects: D9 divisions: pps_tp full_text_status: public keywords: CDT, pengembangan multimedia interaktif, jaringan komputer abstract: Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk program pembelajaran multimedia interaktif berbasis CDT yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi matakuliah Jaringan Komputer sesuai skill yang diharapkan. (2) Menguji kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek isi/materi, media dan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui tahapan: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan melalui tahap uji coba kelompok kecil dan lapangan. Subyek uji coba produk adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Data berupa hasil penilaian melalui kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian adalah produk program pembelajaran multimedia interaktif matakuliah Jaringan Komputer berbasis CDT (Component Display Theory) dalam bentuk CD yang memiliki kelayakan kriteria baik dari aspek isi/materi, media,dan pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil evaluasi ahli materi dan ahli media dan uji lapangan. Dengan skala Likert yaitu dengan pensekoran dari 1 sampai 5,dari hasil validasi ahli materi menunjukan rerata 4,15 termasuk kriteria baik, hasil validasi ahli media menunjukkan rerata 3,9 termasuk kriteria baik, hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan rerata 3,8 termasuk kriteria baik dan hasil evaluasi uji lapangan menunjukkan rerata 3,73 termasuk kriteria baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka aplikasi model Component Display Theory (CDT) dalam pengembangan multimedia interaktif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kelayakan kriteria baik digunakan dalam proses pembelajaran Matakuliah Jaringan Komputer. date: 2014-10-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Kuswandari, Rr. Eny (2014) Aplikasi Model Component Display Theory (CDT) dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/30366/1/tesis-r-r-eny-kuswandari-05707251015.swf