TY - THES AV - public TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR ? DASAR KELISTRIKAN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG M1 - skripsi ID - UNY30339 UR - http://eprints.uny.ac.id/30339/ Y1 - 2016/03/16/ N2 - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR ? DASAR KELISTRIKAN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG Disusun Oleh : Muhammad Azwar Annas NIM. 07502241033 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) untuk mengetahui perbedaaan peningkatan hasil belajar (kognitif) mata pelajaran dasar ? dasar kelistrikan pokok bahasan menerapkan hukum ? hukum rangkaian llistrik arus searah antara menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X di SMK N 1 Pundong tahun ajaran 2013/2014, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar belajar unjuk kerja (psikomotor) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibanding hasil belajar unjuk kerja (psikomotor) menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X di SMK N 1 Pundong tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Pundong tahun ajaran 2013/2014 yang mendapatkan mata pelajaran dasar ? dasar kelistrikan dengan jumlah keseluruhan 122 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik audio video (TAV) sebanyak 62 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, tes pengetahuan (kognitif), dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Hasil uji t paired sample test data pretest dan posttest pada kelas kontrol diketahui thitung > ttabel (3.1978 > 2,042) dan pada kelas eksperimen diketahui thitung > ttabel (8.119 > 2,037). Hasil uji t independent sample test data posttest thitung > ttabel (-5,89 > 2). Tanda ?-? pada thitung menunjukkan data posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada data posttest kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran dasar ? dasar kelistrikan pokok bahasan menerapkan hukum ? hukum rangkaian listrik arus searah lebih tinggi secara signifikan dengan taraf signifikansi 5% dibanding menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X di SMK N 1 Pundong tahun ajaran 2013/2014; (2) Hasil uji t independent sample test data unjuk kerja menunjukkan thitung > ttabel (-11,756 > 2). Tanda ?-? pada thitung menunjukkan data unjuk kerja kelas eksperimen lebih tinggi dari pada data unjuk kerja kelas kontrol. Dengan demikian hasil belajar unjuk kerja (psikomotor) mata pelajaran dasar ? dasar kelistrikan pokok bahasan menerapkan hukum ? hukum rangkaian listrik arus searah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi secara signifikan dengan taraf signifikansi 5% dibanding menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X di SMK N 1 Pundong tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar. A1 - Muhammad, Azwar Annas PB - U N Y ER -