<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG"^^ . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG\r\nDisusun Oleh :\r\nMuhammad Azwar Annas\r\nNIM. 07502241033\r\nABSTRAK\r\nTujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) untuk mengetahui perbedaaan\r\npeningkatan hasil belajar (kognitif) mata pelajaran dasar – dasar kelistrikan\r\npokok bahasan menerapkan hukum – hukum rangkaian llistrik arus searah\r\nantara menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan\r\nmenggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X di SMK N 1\r\nPundong tahun ajaran 2013/2014, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar\r\nbelajar unjuk kerja (psikomotor) menggunakan model pembelajaran kooperatif\r\ntipe Jigsaw dibanding hasil belajar unjuk kerja (psikomotor) menggunakan model\r\npembelajaran konvensional siswa kelas X di SMK N 1 Pundong tahun ajaran\r\n2013/2014.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen. Populasi\r\npenelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Pundong tahun ajaran\r\n2013/2014 yang mendapatkan mata pelajaran dasar – dasar kelistrikan dengan\r\njumlah keseluruhan 122 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X\r\nprogram keahlian teknik audio video (TAV) sebanyak 62 siswa. Teknik sampling\r\nmenggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan\r\ndokumentasi, tes pengetahuan (kognitif), dan observasi. Analisis data dilakukan\r\ndengan analisis kuantitatif.\r\nHasil penelitian diketahui bahwa : (1) Hasil uji t paired sample test data\r\npretest dan posttest pada kelas kontrol diketahui thitung > ttabel (3.1978 > 2,042)\r\ndan pada kelas eksperimen diketahui thitung > ttabel (8.119 > 2,037). Hasil uji t\r\nindependent sample test data posttest thitung > ttabel (-5,89 > 2). Tanda “-“ pada\r\nthitung menunjukkan data posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada data\r\nposttest kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran\r\ndasar – dasar kelistrikan pokok bahasan menerapkan hukum – hukum rangkaian\r\nlistrik arus searah lebih tinggi secara signifikan dengan taraf signifikansi 5%\r\ndibanding menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X di\r\nSMK N 1 Pundong tahun ajaran 2013/2014; (2) Hasil uji t independent sample\r\ntest data unjuk kerja menunjukkan thitung > ttabel (-11,756 > 2). Tanda “-“ pada thitung\r\nmenunjukkan data unjuk kerja kelas eksperimen lebih tinggi dari pada data unjuk\r\nkerja kelas kontrol. Dengan demikian hasil belajar unjuk kerja (psikomotor) mata\r\npelajaran dasar – dasar kelistrikan pokok bahasan menerapkan hukum – hukum\r\nrangkaian listrik arus searah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe\r\nJigsaw lebih tinggi secara signifikan dengan taraf signifikansi 5% dibanding\r\nmenggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X di SMK N 1\r\nPundong tahun ajaran 2013/2014.\r\nKata kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar."^^ . "2016-03-16" . . . "U N Y"^^ . . . "Fakultas Teknik, U N Y"^^ . . . . . . . . . "Azwar Annas"^^ . "Muhammad"^^ . "Azwar Annas Muhammad"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG (Text)"^^ . . . "Muhammad Azwar Annas-07502241033.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN\r\nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #30339 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW \nTERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KELISTRIKAN \nSISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PUNDONG\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Elektronika" . .