TY - THES AV - public TI - Keefektifan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Diponegoro Depok KW - metode eksperimen KW - metode demonstrasi KW - keterampilan proses KW - hasil belajar ID - UNY30326 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/30326/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keefektifan pembelajaran IPA yang menggunakan metode eksperimen ditinjau dari keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Diponegoro Depok, dan 2) mengetahui perbedaan keefektifan antara pembelajaran IPA yang menggunakan metode eksperimen dengan metode demonstrasi ditinjau dari keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Diponegoro Depok Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Diponegoro Depok Maguwoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari 32 siswa dan kelompok kontrol menggunakan metode demonstrasi yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk hasil belajar sedangkan untuk keterampilan proses diambil dari data kemampuan awal yang merupakan hasil observasi LKS ke-1 dan kemampuan akhir yang merupakan rata-rata hasil observasi LKS ke-2 sampai LKS ke-11 saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui efektif tidaknya metode eksperimen terhadap masing-masing variabel, data dianalisis dengan uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk mengetahui perbedaan keefektifan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap seluruh variabel dilakukan uji multivariat dengan uji T2 Hotelling pada taraf signifikansi 0,05 dan dilanjutkan analisis secara univariat dengan uji independent sample t test pada taraf signifikansi 0,025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen efektif ditinjau dari keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa, dan 2) pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA dibandingkan dengan pembelajaran IPA menggunakan metode demonstrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang menggunakan metode eksperimen lebih efektif daripada metode demonstrasi ditinjau dari keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Diponegoro Depok Maguwoharjo. Y1 - 2014/09/30/ A1 - Purwanti, Anik PB - UNY ER -