%I UNY %D 2016 %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter dengan Pendekatan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Literasi Sains %K perangkat pembelajaran IPA, karakter, guided inquiry, keterampilan proses sains, literasi sains %A Noveonella Guntur Hari Wijaya %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter dengan pendekatan guided inquiry yang layak untuk pembelajaran, (2) mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA hasil pengembangan, (3) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA dalam meningkatkan keterampilan proses dan literasi sains. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA ini mengacu pada langkah pengembangan menurut Borg & Gall yang terdiri dari studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf, validasi dan revisi, uji coba terbatas dan revisi, uji coba lapangan dan penyempurnaan produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, empat guru IPA SMP, dan tiga teman sejawat. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Kalasan dengan subjek uji coba terbatas yaitu peserta didik kelas VIII D dan subjek uji coba lapangan yaitu peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi, soal pre-test dan soal post-test. Data hasil validasi dikonversi menjadi skala 4. Data mengenai keterlaksanaan proses dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menentukan persentase keterlaksanaan. Data keefektifan produk terhadap peningkatan keterampilan proses dan literasi sains dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter dengan pendekatan guided inquiry layak untuk pembelajaran, (2) kegiatan pembelajaran menggunakan produk hasil pengembangan terlaksana dengan sangat baik, dan (3) produk efektif untuk meningkatkan keterampilan proses dan literasi sains peserta didik. %L UNY30319