%0 Thesis %9 S1 %A Aprilianti, Haries %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:30310 %I PGSD %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBACA INTENSIF DI SD NEGERI SOKO KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO %U http://eprints.uny.ac.id/30310/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Soko Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo dengan menggunakan teknik membaca intensif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD negeri Soko sejumlah 19 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik membaca intensif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Teknik membaca intensif yang digunakan meliputi tahap prabaca (reciprocal questioning), saat baca (multipass reading), dan pasca baca (graphic post-organizers). Pada pratindakan, persentase jumlah siswa yang mendapat nilai ≥70 sebesar 31,5%. Peningkatan hasil belajar menggunakan teknik membaca pemahaman dibuktikan dengan meningkatnya persentase jumlah siswa yang mendapat nilai ≥70 pada setiap siklus. Pada siklus I, persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥70 meningkat sebesar 5,3%. Pada siklus II, persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥70 meningkat sebesar 15,8%. Peningkatan hasil belajar diikuti dengan peningkatan persentase aktivitas siswa selama pembelajaran sebesar 1,6%. Kata kunci: hasil belajar IPS, teknik membaca intensif