TY - THES AV - public KW - model Think Pair Share KW - media pembelajaran KW - hasil belajar TI - Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap, dan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 2 Sukoharjo, Wonosobo M1 - tesis ID - UNY30305 UR - http://eprints.uny.ac.id/30305/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Aktivitas Belajar Siswa, (2) Sikap Siswa, dan (3) Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukoharjo, Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukoharjo Wonosobo pada semester pertama tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa; pada akhir siklus I dengan rata-rata 67,84 menjadi 81,20 pada akhir siklus II. (2) Ada peningkatan nilai sikap siswa. Rata-rata nilai sikap siswa pada akhir siklus I 77,20 menjadi 84,49 pada akhir siklus II. (3) Terjadi Peningkatan hasil belajar dari kondisi awal dengan nilai rata-rata 65,58, pada akhir siklus I menjadi 79,10, dan pada akhir siklus II menjadi 85,90. Y1 - 2014/02/28/ A1 - Ngafifi, Muhamad PB - UNY ER -