TY - THES N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dalam pembelajaran geometri menggunakan media kongkret pada siswa kelas III SD N Karanggondang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru SD. Desain penelitiaan yang digunakan oleh Daryanto (2011) yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Karanggondang, Bantul, Yogyakarta yang berjumlah 38 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah keseluruhan proses pada penggunaan media kongkret pada kelas III SD Negeri Karanggondang, Bantul, Yogyakarta. Instrument yang digunakan yaitu hasil tes akhir setiap siklus dan wawancara yang dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konkret pada pembelajaran geometri dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu 7,26% meningkat menjadi 7,95%. Selain itu dari hasil wawancara guru menunjukan bahwa penggunakan media kongkret sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika karena Suasana belajar lebih menyenangkan, siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari dan guru lebih mudah dalam mengajar. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan media konkret agar hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Konkret, Kelas III SD Y1 - 2016/03/14/ PB - PGSD A1 - Jermias, Oryanci AV - restricted TI - PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONGKRET DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KARANGGONDANG, BANTUL, YOGYAKARTA ID - UNY30290 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/30290/ ER -