%L UNY30253 %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis naskah drama satu babak dengan teknik quantum writing siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sewon yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak. Penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses tampak pada aspek perhatian terhadap pembelajaran, antusias siswa, keaktifan bertanya jawab, keaktifan mengerjakan tugas, dan ketepatan waktu mengumpulkan tugas. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Kedua, peningkatan produk dengan teknik quantum writing dalam menulis naskah drama satu babak dapat dilihat dari karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 58,77 dengan keterangan belum ada siswa yang tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi 69,93 dengan siswa tuntas sebanyak 13. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata siswa naik menjadi 78,93 dengan ketuntasan 90%, atau 27 siswa. %A Via Oktavia Fitriani %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK QUANTUM WRITING SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 SEWON %D 2016 %I Universitas Negeri Yogyakarta