%X Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan Kurikulum 2013, 2) hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013, 3) hambatan yang dihadapi siswa dalam menerima pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di kelas IV SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pujokusuman 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis dokumentasi. Proses analisis data mulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data, kedalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesulitan yang dialami oleh guru adalah: 1) mengembangkan materi tematik integratif, 2) waktu kurang efektif dalam menerapkan saintifik, 3) penilaian authentik yang terlalu banyak mendeskripsikan hasil, dan 4) guru masih kesulitan menggunakan internet dalam mengembangkan pembelajaran. Sedangkan problem yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran kurikulum 2013 adalah: 1) Pembelajaran tematik integratif yang lebih banyak menggunakan metode ceramah, 2) kesulitan dalam melaksanakan tahapan-tahapan saintifik, dan 3) siswa kesulitan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru. Kata Kunci : problematika, kurikulum 2013,SD %T PROBLEMATIKA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SD PUJOKUSUMAN 1 KOTA YOGYAKARTA %A - Muzdhalifah %I PGSD %D 2016 %L UNY30202