@phdthesis{UNY30185, title = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Creative Thinking Siswa SMA Negeri 2 Bantul Pada Materi Ekosistem}, school = {UNY}, year = {2015}, month = {August}, author = {Achmad Fikri Fikri}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi dengan model Guided Inquiry yang layak untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa pada proses pembelajaran materi ekosistem, dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran model Guided Inquiry untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa SMA Negeri 2 Bantul. Produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg \& Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) penyusunan draft, (4) validasi produk dan revisi pertama, (5) validasi produk ke dua (6) uji coba terbatas, (7) revisi ke dua, (8) uji coba luas, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan biologi dan dua guru biologi SMA. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X MIA 4 SMA Negeri 2 Bantul. Uji coba diperluas dilaksanakan di kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket, dan tes tertulis. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa: (1) perangkat pembelajaran biologi dengan model Guided Inquiry yang layak digunakan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa pada proses pembelajaran materi ekosistem, dan (2) pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran model Guided Inquiry berpengaruh terhadap peningkatan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa SMA Negeri 2 Bantul.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/30185/}, keywords = {perangkat pembelajaran, model Guided Inquiry, rasa ingin tahu, creative thinking} }