%0 Thesis %9 S3 %A Nuryana, Nuryana %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:30172 %I UNY %K evaluasi, kultur, sekolah %T Evaluasi Kultur Sekolah di MAN Model Ciwaringin Cirebon %U http://eprints.uny.ac.id/30172/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kultur sekolah dengan mendeskripsikan dan menjustifikasi konteks, proses dan hasil program pengembangan kultur madrasah dan mengkaji konsep-konsep dan nilai-nilai dalam kultur madrasah di MAN Model Ciwaringin, meliputi; kultur perilaku warga sekolah, artifak, dimensi pesan verbal dan non verbal serta keterlibatan warga sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi, yang mengintegrasikan countenance evaluation model dengan pendekatan evaluasi responsive (The Responsive Approach). Tahapan penelitian evaluasi ini meliputi; (1) deskripsi (2) pertimbangan dalam tiga komponen, yakni (a) konteks, (b) proses, dan (c) keluaran/hasil, dan (3) konsep kultur sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Model Ciwaringin Cirebon Propinsi Jawa Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah sivitas akademika MAN Model Ciwaringin Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) observasi partisipatif (2) wawancara mendalam (3) studi dokumentasi. Sedangkan instrument pengumpulan data adalah peneliti itu sendiri sebagai instrument kunci. di samping beberapa instrument lain seperti; kamera/alat perekam dan alat tulis. Teknik analisis data yang digunakan; reduksi data, konseptualisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data serta verifikasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perilaku kepala sekolah MAN Model Ciwaringin Cirebon menunjukan kultur perilaku sebagai pimpinan sekolah yang positif. Hal tersebut ditunjukan dengan sikap dan kinerjanya yang baik. (b) Para guru MAN Model Ciwaringin Cirebon sebagian besar menunjukan pada kultur perilaku tenaga pengajar dan pendidik yang positif. Sebagian besar guru datang ke sekolah tepat waktu, mengajar sesuai dengan jadwal, berpakaian sesuai dengan ketentuan, dll (c) Staf tata usaha di MAN Model Ciwaringin Cirebon telah bekerja secara maksimal. Sebagian besar staf menunjukan sikap dan kinerjanya yang baik (d) Kinerja belajar siswa di MAN Model Ciwaringin Cirebon pada kelas fullday termasuk baik, sedangkan pada kelas reguler cenderung cukup baik. 2) Kultur Artifak/Fisik di MAN Model Ciwaringin Cirebon, berupa dokumen, piala atau trophi dan lain-lain telah menunjukan suatu kultur positif. 3) Kultur berupa pesan Verbal dan Non Verbal di MAN Model Ciwaringin Cirebon menunjukan adanya kultur sekolah yang positif.