%0 Thesis %9 S2 %A Fitria, Syarifatul %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:30143 %I UNY %K evaluasi, membaca permulaan, taman kanak-kanak %T Pengembangan Metode Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan di TK Fastrack Funschool Kelas A Program Nusantara Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/30143/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran keterampilan membaca permulaan di TK Fastrack Funschool kelas A Program Nusantara dengan melihat efektifitas pelaksanaan dan hasil pencapaian keterampilan membaca permulaan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penilaian otentik, dan evaluasi datanya menggunakan data formatif dan data sumatif. Penilaian otentik yaitu penilaian yang berdasarkan pada perilaku yang ditunjukkan oleh anak selama program pelaksanaan proses belajar mengajar membaca permulaan dengan metode karakter huruf dan suara. Evaluasi formatif dilaksanakan pada implementasi program yang sedang berjalan. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk menilai manfaat suatu program sehingga hasil evaluasi akan dapat menentukan apakah suatu program tertentu akan diteruskan atau dihentikan. Subyek penelitian adalah seluruh anak TK Fastrack Funschool kelas A Program Nusantara sebanyak 15 anak. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi check list dan lembar observasi rating scale. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif yang bersifat ekploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi data formatif maupun data sumatif keterampilan membaca permulaan anak kelas A Program Nusantara berdasarkan empat indikator yaitu mampu menyebutkan nama-nama karakter huruf, mampu menyebutkan bunyi/suara huruf, mampu mencocokkan huruf besar dan huruf kecil, mampu menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, secara umum bisa dikategorikan “berkembang sangat baik” karena 93,33% dari jumlah keseluruhan anak dalam kelas tersebut memiliki persentase pencapaian penguasaan materi antara 75% - 100%. Melalui penelitian ini pula diketahui bahwa metode pembelajaran membaca permulaan yang diterapkan di TK Fastrack Funschool kelas A Program Nusantara menunjukkan bahwa anak-anak memiliki antusiasme dan keaktifan yang bisa dikategorikan “berkembang sesuai harapan” dalam mengikuti pembelajaran membaca permulaan.