<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA"^^ . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA\r\nOleh:\r\nMaryati\r\nNIM. 08513245005\r\nPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi model pembelajaran\r\nkooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan\r\nkeaktifan siswa pada mata diklat kewirausahaan jurusan tata busana SMK N 4\r\nYogyakarta; 2) mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar mata diklat\r\nkewirausahaan siswa jurusan tata busana SMK N 4 Yogyakarta; 3) mengetahui pendapat\r\nsiswa tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams\r\nAchievement Divisions) pada mata diklat kewirausahaan di SMK N 4 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model\r\npenelitian dari Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari (1)\r\nPerencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini\r\nadalah 33 siswa kelas 1 busana 4. Teknik pengumpulan data digunakan 1) observasi\r\nuntuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam proses belajar mata\r\ndiklat kewirausahaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) tes untuk\r\nmenilai prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan, 3) angket untuk memperoleh\r\ndata pendapat siswa tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Uji\r\nvaliditas instrumen 1) observasi menggunakan validitas logis dengan meminta\r\npertimbangan tiga ahli dan uji reliabilitas dengan metode ratings. 2) instrumen tes\r\nmenggunakan validitas logis dengan meminta pertimbangan tiga ahli dan uji reliabilitas\r\ninstrumen tes menggunakan rumus Alpha Cronbach, 3) instrumen angket menggunakan\r\nvaliditas logis dengan meminta pertimbangan tiga ahli dan validitas empiris\r\nmenggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen angket\r\nmenggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji coba instrumen diujikan di kelas 1 busana 4\r\ndengan jumlah siswa 35 orang. Hasil uji validitas dari 20 butir terdapat 2 butir soal yang\r\ngugur kemudian sudah diperbaiki. Berdasarkan hasil uji coba dan wawancara dengan\r\nguru kewirausahaan SMK N 4 Yogyakarta maka pelaksanaan penelitian diputuskan pada\r\nkelas 1 busana 4. Menurut wawancara dengan guru kewirausahaan kelas tersebut\r\nprestasinya dibawah kelas 1 busana 1 dan kurang aktif dalam proses belajar mengajar\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keaktifan siswa dalam pembelajaran\r\nkooperatif tipe STAD pada pra tindakan 38,5%, meningkat pada siklus I 62,4%,\r\nmeningkat pada siklus II 86,5%. 2) Peningkatan prestasi belajar siswa berdasarkan KKM\r\npada pra tindakan 39,40% pada siklus I meningkat 78,79% dan pada siklus II meningkat\r\n100%. 3) Pendapat siswa tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe\r\nSTAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMK N 4 Yogyakarta berada pada\r\nkategori sangat tinggi ada 16 siswa dengan persentase 48,49 %, tinggi ada 11 peserta\r\ndidik dengan persentase 33,33 %, sedangkan kategori sedang ada 6 peserta didik dengan\r\npersentase 18,18 %.\r\nKata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Prestasi belajar"^^ . "2016-03-01" . . . "U N Y"^^ . . . "Fakultas Teknik, U N Y"^^ . . . . . . . . . "Maryati"^^ . "Maryati"^^ . "Maryati Maryati"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Maryati - 08513245005.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA\r\nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30134 \n\nIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD \n(Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI \nBELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA \nBUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Boga dan Busana" . .