@phdthesis{UNY30134, title = {IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA}, author = {Maryati Maryati}, month = {March}, year = {2016}, school = {U N Y}, abstract = {IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achivement Divisions) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA Oleh: Maryati NIM. 08513245005 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata diklat kewirausahaan jurusan tata busana SMK N 4 Yogyakarta; 2) mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan siswa jurusan tata busana SMK N 4 Yogyakarta; 3) mengetahui pendapat siswa tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada mata diklat kewirausahaan di SMK N 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas 1 busana 4. Teknik pengumpulan data digunakan 1) observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam proses belajar mata diklat kewirausahaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) tes untuk menilai prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan, 3) angket untuk memperoleh data pendapat siswa tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Uji validitas instrumen 1) observasi menggunakan validitas logis dengan meminta pertimbangan tiga ahli dan uji reliabilitas dengan metode ratings. 2) instrumen tes menggunakan validitas logis dengan meminta pertimbangan tiga ahli dan uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus Alpha Cronbach, 3) instrumen angket menggunakan validitas logis dengan meminta pertimbangan tiga ahli dan validitas empiris menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji coba instrumen diujikan di kelas 1 busana 4 dengan jumlah siswa 35 orang. Hasil uji validitas dari 20 butir terdapat 2 butir soal yang gugur kemudian sudah diperbaiki. Berdasarkan hasil uji coba dan wawancara dengan guru kewirausahaan SMK N 4 Yogyakarta maka pelaksanaan penelitian diputuskan pada kelas 1 busana 4. Menurut wawancara dengan guru kewirausahaan kelas tersebut prestasinya dibawah kelas 1 busana 1 dan kurang aktif dalam proses belajar mengajar Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keaktifan siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pra tindakan 38,5\%, meningkat pada siklus I 62,4\%, meningkat pada siklus II 86,5\%. 2) Peningkatan prestasi belajar siswa berdasarkan KKM pada pra tindakan 39,40\% pada siklus I meningkat 78,79\% dan pada siklus II meningkat 100\%. 3) Pendapat siswa tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMK N 4 Yogyakarta berada pada kategori sangat tinggi ada 16 siswa dengan persentase 48,49 \%, tinggi ada 11 peserta didik dengan persentase 33,33 \%, sedangkan kategori sedang ada 6 peserta didik dengan persentase 18,18 \%. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Prestasi belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/30134/} }