%0 Thesis %9 S1 %A Amakae, Indah Haryati %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:30110 %I PGSD %T ANALISIS PROSES PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SD NEGERI MONGGANG, SEWON, BANTUL YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/30110/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis proses perencanaan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik, kendala yang dialami guru dalam membuat perencanaan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik, serta upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam membuat perencanaan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik di SD Negeri Monggang Kec. Sewon Kab. Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Monggang Kec. Sewon Kab. Bantul Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga guru kelas rendah di SD Negeri Monggang Kec. Sewon Kab. Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dengan perangkat pembelajaran tematik. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data ke dalam tabel dan verivikasi untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat perencanaan pembelajaran tematik dengan cara menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan berdasarkan pada silabus yang telah disediakan oleh pihak sekola, Kendala yang dialami guru dalam membuat perencanaan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik yaitu guru masih kesulitan dalam mengaitkan kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran. Selain itu, penerapan pendekatan saintifik juga masih bersifat sederhana. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru tetap menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik serta membuat perencanaan pembelajaran sendiri untuk bagian-bagian yang tidak dapat dipadukan. Kata kunci: Pembelajaran tematik, Pendekatan saintifik, sekolah dasar