%0 Thesis %9 S1 %A Simatupang, Helda Arina %B UNY %D 2016 %F UNY:30076 %I FMIPA %T PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUKMENINGKATKANMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII %U http://eprints.uny.ac.id/30076/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasikan media pop-up yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik berdasarkan kriteria kualitas media pembelajaran yang baik, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pop-up yang dikembangkan, (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar perserta didik setelah menggunakan media pop-up, dan (4) mengetahui peningkatan hasil belajar perserta didik setelah menggunakan media pop-up. Penelitian Research and Development (R&D) mengadaptasi desain pengembangan 4-D menurut Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan: define, design, develop,disseminate. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas VII-D SMP N 2Klatensemester I tahun ajaran 2015/2016. Instrumen berupa angketkelayakan media pop-up, angket respon peserta didik terhadap media pop-up, angketmotivasibelajarpesertadidikawaldanakhir, dan soalpretest danposttest. Teknikanalisis yang digunakanantaralainrerataskoruntukmencariskoraktual, konversiskormenjadinilaiskalaempat, menghitungpersentase, sertadengan gain score ternormalisasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Menurutdosenahlidan guru IPA kelayakan media pop-up memperolehrerataskor 3,67 dengannilai A danmemperolehkategorisangatbaik, (2) Hasilrerataskorresponpesertadidikterhadap media pop-up yaitu3,23 dengannilai A danmemperolehkategorisangatbaik, (3) Media pop-up dapat meningkatkan motivasibelajarpesertadidikdenganpersentasepeningkatanyaitu 19,50%. (4) Media pop-up dapat meningkatkan hasilbelajarpesertadidikdenganperhitungan gain score dikategorikan sedang dengan nilai 0,55. Kata kunci: Media pop-up, motivasibelajar, hasilbelajar.