%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran open-ended dan problem posing serta mengkaji yang lebih efektif antara pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan efikasi diri siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta yang terdiri atas tujuh kelas. Dua kelas dari populasi, kelas 8A dan 8B dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Siswa kelas 8A belajar dengan menggunakan pendekatan open-ended. Siswa kelas 8B belajar dengan menggunakan pendekatan problem posing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: 1) tes prestasi belajar berupa ulangan harian (koefisien reliabilitas pretest dan posttest sebesar 0,860 dan 0,730), dan 2) angket efikasi diri (koefisien reliabilitas sebesar 0,938). Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran open-ended dan problem posing digunakan uji one sample t-test. Untuk menguji perbandingan keefektifan antara pendekatan open-ended dan problem posing digunakan Uji Manova yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan problem posing efektif ditinjau dari prestasi belajar dan efikasi diri siswa SMP. Pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih efektif daripada pembelajaran dengan pendekatan open-ended ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP. Pembelajaran dengan pendekatan problem posing tidak lebih efektif daripada pembelajaran dengan pendekatan open-ended ditinjau dari efikasi diri siswa SMP. %I UNY %A Melania Eva Wulanningtyas %T Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Open-Ended dan Problem Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Efikasi Diri Siswa SMP %D 2015 %K pendekatan pembelajaran, sistem persamaan linear dua variabel, open-ended, problem posing, prestasi belajar, efikasi diri %L UNY30075