%0 Thesis %9 S1 %A Rani, Islamiar Nur %B UNY %D 2016 %F UNY:30025 %I FMIPA %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI “TATA SURYA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA %U http://eprints.uny.ac.id/30025/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi “Tata Surya” dengan pendekatan Guided Inquiry yang telah dikembangkan, 2) mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa menggunakan LKPD pada materi “Tata Surya”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau R & D (Research and Development) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974), terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, disseminate. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas VIII-C SMP N 15 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi LKPD, angket peningkatan keterampilan proses siswa, angket respon siswa terhadap LKPD, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis konversi data kuantitatif menjadi data kualitatif menggunakan skala empat, rata-rata persentase dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) LKPD IPA dengan Pendekatan Guided Inquiry pada materi “Tata Surya” ini telah memenuhi kelayakan berdasarkan penilaian oleh dosen ahli dan guru IPA dengan kategori sangat baik (A) untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. 2) LKPD dapat meningkatkan keterampilan proses siswa dengan kategori sedang berdasarkan indikator mengamati,mengklasifikasikan, mengukur, menyusun hipotesis, menyimpulkan,dan mengkomunikasikan . Kata Kunci : LKPD, Keterampilan Proses Siswa, IPA, Tata Surya