%K model Problem-Based Learning, kreativitas, berpikir kritis %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model Problem-Based Learning terhadap kreativitas dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN unggulan di Purwokerto; (2) pengaruh penggunaan model Problem Based-Learning terhadap berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN unggulan di Purwokerto; dan (3) perbedaan pengaruh penggunaan model Problem-Based Learning dengan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap kreativitas dan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN unggulan di Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Pre-test-Post-test Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen (model Problem Based-Learning) dan satu kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Populasi penelitian ini adalah lima SD unggulan di Purwokerto. Sampel penelitian ini adalah kelas IV di tiga SDN unggulan: kelas IV di SDN 1 Sokanegara, SDN 2 Sokanegara, dan SDN 1 Kranji yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian objektif untuk mengukur kreativitas dan berpikir kritis siswa. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas secara multivariat menggunakan uji Box's M. Data dianalisis menggunakan one sample t-test, uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan rumus T2 Hotelling, dan dilanjutkan secara univariat dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model Problem-Based Learning terhadap kreativitas dalam pembelajaran matematika siswa dengan nilai signifikansi < 0,05 (one sample t-test); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model Problem-Based Learning terhadap berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa dengan nilai signifikansi < 0.05 (one sample t-test); dan (3) terdapat perbedaan pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan model Problem-Based Learning dengan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap kreativitas dan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa dengan nilai signifikansi < 0.05 (MANOVA). Keseluruhan perhitungan menunjukkan bahwa model Problem-Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas dan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN unggulan di Purwokerto. %A Ujiati Cahyaningsih %L UNY29919 %T Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Kreativitas dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Unggulan di Purwokerto %I UNY %D 2015