TY  - THES
TI  - Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas VII SMP se- Kecamatan Depok Sleman
AV  - public
KW  - efektivitas
KW  -  media pembelajaran berbasis web
KW  -  IPA.
ID  - UNY29904
M1  - tesis
UR  - http://eprints.uny.ac.id/29904/
Y1  - 2016/02/29/
N2  - Penelitian  ini  bertujuan untuk: (1)  menghasilkan produk berupa media pembelajaran IPA berbasis web. (2) mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran IPA berbasis web.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan metode penelitian Borg & Gall (1983:775) dan metode pengembangan Alessi & Trollip (2001:410). Prosedur penelitian meliputi tahap penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi terhadap produk utama,  uji  lapangan utama,  revisi  produk uji  coba  lapangan, revisi  terhadap produk akhir dan mendeseminasikan dan mengimplementasikan produk. Sedangkan prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan.   Pada   tahap   perencanaan   dan   desain   dilakukan   ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi (tes alpha)  kemudian dilakukan revisi produk awal. Tahap berikutnya adalah tes beta yang  dilakukan oleh  12  siswa sebagai   calon   pengguna.  Setelah   tes   beta  selesai   dilanjutkan   dengan  tes sumatif  terhadap  siswa  sebagai  pengguna.  P eserta  tes  sumatif  sebanyak 116 siswa yang berasal dari kelas VII di SMP se-Kecamatan Depok Sleman.
Penelitian berhasil menunjukan hasil sebagai berikut: (1) Produk berupa media  pembelajaran  berbasis  web  pada  mata  pelajaran  IPA  menggunakan software CMS (Content Management System) Wordpress. (2) Produk media pembelajaran berbasis  web  pada  mata  pelajaran  IPA  telah  dinyatakan  layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3,98 dengan kategori ?Baik?, ahli media dengan nilai rata-rata 4,07 dengan kategori ?Baik?, uji  coba  lapangan awal  diperoleh rata-rata  penilaian sebesar 4,13 dengan kategori ?Baik? dan uji coba lapangan utama diperoleh nilai gain untuk SMP Muhammadiyah 2 sebesar 22,2, SMP N 2 sebesar 24, SMP N 3 sebesar 21,6 dan SMP N 5 sebesar 19,6. (3) Keefektifan media pembelajaran IPA berbasis web dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa berdasarkan data hasil evaluasi pretest dan posttest.
PB  - UNY
A1  - Januarisman, Erwin
ER  -