@phdthesis{UNY29879, author = {ARMAY HIKMAWANTI}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN MEDIA SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 3 SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2015/2016}, year = {2016}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/29879/}, keywords = {Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT), Media Scrabble, Keaktifan Belajar Akuntansi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Akuntansi Siswa Kelas XI melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Media Scrabble. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Materi yang dipilih yaitu jurnal umum. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi Keaktifan Belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Keaktifan Belajar, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Media Scrabble dapat meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan di setiap indikator Keaktifan Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi sebesar 7,92\% dari skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus I sebesar 76,09\% menjadi sebesar 84,01 \% dari skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus II.} }