eprintid: 29854 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1198 dir: disk0/00/02/98/54 datestamp: 2016-02-18 03:03:30 lastmod: 2019-01-30 06:37:09 status_changed: 2016-02-18 03:03:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mahamboro, amin title: METODE PEMBELAJARAN HADRAH DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: H1 divisions: fbs_pend_seni_musik full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan pada pelatihan permainan hadrah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. Penelitian ini secara khusus dilakukan pada pembelajaran dasar dari pembelajaran hadraPondok Pesantren Sunan Pandanaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih hadrah Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan pada metode pembelajaran yang digunakan pelatih dalam lagu dasar “ya rabbi sholi ala Muhammad”. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Alat bantu yang digunakan peneliti berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi, catatan lapangan, dan alat perekam audio visual. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penyimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran hadrah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya-jawab, tugas, dan latihan atau drill. Pemilihan metode ini berdasarkan jenis pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta yaitu pembelajaran praktik. Melalui penelitian ini peneliti menemukan metode pembelajaran yang menarik yang digunakan pelatih, yaitu metode pendekatan sebaya. Dalam pelatihanya tidak bisa dipungkiri metode pendekatan sebaya juga mempengaruhi santri menjadi pemain hadrah yang percaya diri dan terampil, berkreativitas tinggi dalam pengembangan permainan instrumen hadrah itu sendiri. date: 2015-12-15 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Seni Musik thesis_type: skripsi citation: Mahamboro, amin (2015) METODE PEMBELAJARAN HADRAH DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/29854/1/Skripsi%20Fix.pdf