TY - THES M1 - skripsi ID - UNY29829 AV - restricted TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPS SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA POKOK BAHASAN INDONESIA PADA MASA HINDU-BUDHA UNTUK SISWA KELAS VII SMP UR - http://eprints.uny.ac.id/29829/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan produk multimedia pembelajaran interaktif IPS Sejarah pokok bahasan Indonesia pada masa Hindu- Budha yang layak digunakan siswa kelas VII SMP N 2 Trucuk Klaten, dan 2) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPS Sejarah pada pokok bahasan Indonesia pada masa Hindu-Budha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dengan beberapa tahap, yaitu: 1) Penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk awal produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil ujicoba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil produk uji lapangan utama, 8) uji pelaksanaan produk, 9) revisi akhir. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data peningkatan minat belajar melalui cara pengukuran yang mengadaptasi dan memodifikasi menurut cara mengukur menurut Super dan Crities yaitu melalui pernyata senang dan tidak senang, pengamatan langsung, dan pretest dan posttest. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS Sejarah pada pokok bahasan Indonesia pada masa Hindu-Budha memperoleh penilaian layak dari ahli materi, ahli media, dan uji lapangan. Sementara itu hasil implementasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif IPS Sejarah pada pokok bahasan Indonesia pada masa Hindu-Budha dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk, Kabupaten Klaten Y1 - 2016/01/20/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Maulana Abi Antoro, Ricky ER -