<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)\r\nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menelaah proses pembelajaran Sanggar\r\nAnak Alam Yogyakarta yang dikatakan berupaya mewujudkan kemanusiaan.\r\nPerspektif yang digunakan dalam menelaah proses pembelajaran Sanggar Anak\r\nAlam Yogyakarta adalah pedagogi kritis.\r\nPedagogi kritis dipilih karena kemunculannya yang merupakan kritik dari\r\npraktik-praktik pendidikan formal yang dirasa kurang menghargai kemanusiaan.\r\nLebih lanjut jika ternyata proses pembelajaran di Sanggar Anak Alam Yogyakarta\r\ntelah sesuai dengan perspektif pedagogi kritis, maka praktik-praktik pembelajaran\r\ntersebut dapat diketahui bersama dan dapat dijadikan sebagai alternatif dari\r\npraktik-praktik pembelajaran yang sudah ada. Penelitian ini merupakan penelitian\r\nstudi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif.\r\nTeknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian\r\nini adalah pebelajar dan fasilitator di Sanggar Anak Alam yogyakarta. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, metode\r\nwawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model\r\nMiles and Huberman, yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan\r\nsecara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga data\r\njenuh. Sumber data utama adalah kata-kata yang disampaikan informan dan\r\ntindakan-tindakan yang dilakukan oleh pebelajar dan fasilitator. Instrumen\r\npenelitian dalam pendekatan kualitatif adalah peneliti sendiri. Peneliti sebagai\r\nhuman instrument berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informan\r\nsebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis\r\ndata, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan atas temuannya. Uji keabsahan\r\ndata yang digunakan adalah menggunakan triangulasi sumber dan member check.\r\nBerdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Sanggar Anak Alam\r\ntergolong sebagai sekolah alam yang menyelenggarakan pendidikan alternatif.\r\nProses pembelajaran di Sanggar Anak Alam identik dengan proses pembelajaran\r\nPedagogi kritis. Hal tersebut tampak dari yang pertama yaitu Sanggar Anak Alam\r\nmelakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip proses\r\npembelajaran pedagogi kritis. Kedua, konsep pedagogi kritis seperti pembelajaran\r\nberbasis realitas dengan mengajak pebelajar untuk berperan aktif juga peneliti\r\ntemukan dalam pembelajaran di Sanggar Anak Alam. Selain itu pembelajaran di\r\nSanggar Anak Alam menekankan penggunaan dialog dan menghargai perbedaan\r\nindividu. Namun Sanggar Anak Alam masih terbelenggu ideologi dominan karena\r\nmasih mengacu pada kurikulum nasional dan mengupayakan ijasah formal."^^ . "2016-01-20" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Boy"^^ . "Adisakti"^^ . "Boy Adisakti"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)\r\nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS (Text)"^^ . . . "PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)\r\nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)\r\nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)\r\nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)\r\nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)\r\nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #29824 \n\nPROSES PEMBELAJARAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) \nYOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF PEDAGOGI KRITIS\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum dan Teknologi Pendidikan"@en . .