TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/29822/ ID - UNY29822 PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan mengenal bangun ruang untuk anak SD kelas IV. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development, proses penelitian pengembangan media ini dilaksanaakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Multimedia pembelajaran ini diuji cobakan kepada siswa SD kelas IV SD N Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Uji coba ini melalui tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal dengan subjek 5 siswa, uji coba lapangan utama 10 siswa, dan uji pelaksanaan lapangan 25 siswa. Data diperoleh melalui metode observasi dan pengamatan langsung di sekolah, serta analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan yaitu berupa media yang berupa multimedia pembelajaran interaktif mengenal bangun ruang yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan dan aspek-aspek yang lain setelah uji ahli materi, uji ahli media, kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dan baik, kemudian pada hasil akhir uji coba multimedia pembelajaran ini dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mengenal bangun ruang untuk mata pelajaran Matematika kelas IV SD N Perumnas Condongcatur sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar, baik digunakan secara individu maupun kelompok Y1 - 2016/01/20/ TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL BANGUN RUANG UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV A1 - Prasetyawati, Ari M1 - skripsi AV - restricted ER -