%T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA/MA DI KOTA SUKABUMI %I UNY %D 2011 %L UNY2977 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP, (2) kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dalam mengahadapi pelaksanaan KTSP, (3) hubungan antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP, (4) serta kendala-kendala yang dihadapi guru kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA/MA di Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah SMA/MA di Kota Sukabumi sebanyak 16 SM.A/MA, dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Data dalam penelitian ini diambil melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase rata-rata serta teknik korelasi product moment antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA/MA di Kota Sukabumi adalah tinggi meskipun sarana dan prasarana yang mendukung hanya memilki kategori sedang. Dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,1154. Harga r hitung lebih kecil daripada r tabel pada taraf signifikansi 5% (Untuk N=16) yaitu sebesar 0,497, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan sararana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia. Ditemukan pula bahwa dalam implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA/MA di Kota Sukabumi terdapat beberapa kendala dalam persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta kendala lainnya. %A Inggit Octriani