%0 Thesis %9 S1 %A Dewiana, - %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:29724 %I PGSD %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI GAMBAR SERI SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKALAN SEWON BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/29724/ %X Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan menulis narasi melalui gambar berseri siswa kelas IV SD Negeri Bakalan Sewon Bantul. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bakalan yang berjumlah 22 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Metode analisis data penelitian ini digunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri Bakalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan gambar berseri. Peningkatan terjadi pada: (1) proses pembelajaran yang mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu perhatian terhadap pembelajaran, semangat belajar, perkembangan dalam EYD, dan kemapuan mengembangkan kerangka pikir, (2) hasil kemampuan siswa dalam menulis narasi juga mengalami peningkatan pada pratindakan nilai rata-rata dan ketuntasan siswa hanya 65.95 dan 9% dari seluruh siswa, pada siklus I menjadi 75.36 dan 64% , dan pada siklus II meningkat menjadi 80.04 dan 95%. Kata kunci: kemampuan menulis narasi, gambar berseri.