%I PGSD %L UNY29711 %A Aser Rumbiak %X Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita menggunakan media gambar siswa kelas IV SD Negeri Bakalan Sewon Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB Sekolah Dasar (SD) Negeri Bakalan yang berjumlah sebanyak 23 orang siswa. Objek penelitian ini yaitu keterampilan menulis cerita. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini keterampilan menulis cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran yaitu dengan cara menempelkan gambar di depan papan tulis dan siswa mengamati tentang gambar yang sudah ditempelkan, kemudian siswa menulis cerita berdasarkan media gambar tersebut keterampilan menulis cerita meningkat. Hasil ini dapat dilihat dari nilai awal siswa rata-ratanya yaitu 64,34, setelah tindakan siklus I nilai rata-ratanya meningkat yaitu 68,36 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 80,80. Kata kunci: keterampilan menulis cerita, media gambar %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKALAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA %D 2016