TY  - THES
UR  - http://eprints.uny.ac.id/29648/
ID  - UNY29648
M1  - skripsi
TI  - PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN
TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR
SISWA KELAS X SMKN 2 PENGASIH
AV  - public
A1  - Januar, Teguh Setyadi
PB  - U N Y
Y1  - 2016/02/11/
N2  - PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN
TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR
SISWA KELAS X SMKN 2 PENGASIH
Oleh:
Januar Teguh Setyadi
09503244029
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perilaku belajar siswa
kelas X di SMKN 2 Pengasih sebelum adanya integrasi soft skills dalam mata
pelajaran Teknologi Mekanik; (2) Mengetahui perilaku belajar siswa kelas X di
SMKN 2 Pengasih setelah adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran
Teknologi Mekanik; (3) Mengetahui pengaruh integrasi soft skills dalam mata
pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2
Pengasih; (4) Mengetahui besar sumbangan integrasi soft skills dalam mata
pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2
Pengasih.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel
bebas adalah integrasi soft skills dan perilaku belajar sebagai variabel terikat.
Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas 1TP1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas 1TP2 sebagai kelas kontrol. Data diambil melalui observasi
dan kuesioner. Analisis data melalui statistik frekuensi dan analisis korelasi
product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku belajar siswa kelas X
SMKN 2 Pengasih sebelum adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran
Teknologi Mekanik adalah kurang baik dengan nilai 61,09 untuk kelas
eksperimen dan untuk kelas kontrol dengan nilai 63,44 dalam kategori biasa; (2)
Perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih setelah adanya integrasi soft
skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik meningkat yaitu 76,25 untuk
kelas eksperimen dalam kategori biasa dan nilai 73,91 untuk kelas kontrol dalam
kategori biasa; (3) Ada Pengaruh Integrasi Soft Skills dalam mata pelajaran
Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih
berdasarkan hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi
0,445 dengan kategori sedang; (4) Besar sumbangan integrasi soft skills dalam mata
pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa cukup signifikan
yaitu 19,8%.
Kata Kunci : Integrasi soft skills, perilaku belajar siswa
ER  -