relation: http://eprints.uny.ac.id/29648/
title: PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN  TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR  SISWA KELAS X SMKN 2 PENGASIH
creator: Januar, Teguh Setyadi
subject: Teknik Mesin
description: PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN  TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR  SISWA KELAS X SMKN 2 PENGASIH  Oleh:  Januar Teguh Setyadi  09503244029  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perilaku belajar siswa  kelas X di SMKN 2 Pengasih sebelum adanya integrasi soft skills dalam mata  pelajaran Teknologi Mekanik; (2) Mengetahui perilaku belajar siswa kelas X di  SMKN 2 Pengasih setelah adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran  Teknologi Mekanik; (3) Mengetahui pengaruh integrasi soft skills dalam mata  pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2  Pengasih; (4) Mengetahui besar sumbangan integrasi soft skills dalam mata  pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2  Pengasih.  Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel  bebas adalah integrasi soft skills dan perilaku belajar sebagai variabel terikat.  Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas 1TP1 sebagai kelas  eksperimen dan kelas 1TP2 sebagai kelas kontrol. Data diambil melalui observasi  dan kuesioner. Analisis data melalui statistik frekuensi dan analisis korelasi  product moment.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku belajar siswa kelas X  SMKN 2 Pengasih sebelum adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran  Teknologi Mekanik adalah kurang baik dengan nilai 61,09 untuk kelas  eksperimen dan untuk kelas kontrol dengan nilai 63,44 dalam kategori biasa; (2)  Perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih setelah adanya integrasi soft  skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik meningkat yaitu 76,25 untuk  kelas eksperimen dalam kategori biasa dan nilai 73,91 untuk kelas kontrol dalam  kategori biasa; (3) Ada Pengaruh Integrasi Soft Skills dalam mata pelajaran  Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih  berdasarkan hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi  0,445 dengan kategori sedang; (4) Besar sumbangan integrasi soft skills dalam mata  pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa cukup signifikan  yaitu 19,8%.  Kata Kunci : Integrasi soft skills, perilaku belajar siswa
date: 2016-02-11
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/29648/1/JANUAR%20TEGUH%20SETYADI%2009503244029.pdf
identifier:   Januar, Teguh Setyadi  (2016) PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 2 PENGASIH.  S1 thesis, U N Y.