%0 Thesis %9 S1 %A Jamhari, Jamhari %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:29647 %I U N Y %T STUDI KOMPARASI ANTARA GURU YANG TELAH MENGIKUTI SERTIFIKASI DAN YANG BELUM TERHADAP KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SELURUH SMK NEGERI DI WILAYAH KABUPATEN OKUT (OGAN KOMERING ULU TIMUR) SUMATERA SELATAN %U http://eprints.uny.ac.id/29647/ %X STUDI KOMPARASI ANTARA GURU YANG TELAH MENGIKUTI SERTIFIKASI DAN YANG BELUM TERHADAP KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SELURUH SMK NEGERI DI WILAYAH KABUPATEN OKUT (OGAN KOMERING ULU TIMUR) SUMATERA SELATAN Oleh : Jamhari NIM 06502241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan materi, pelaksanaan proses belajar mengajar, kepribadian dan kemampuan penilaian kelas yang merupakan sub variabel dari proses belajar mengajar antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum mengikuti sertifikasi di seluruh SMK Negeri Kabupaten Okut (Ogan Komering Ulu Timur) Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian komparasi. Subjek penelitian ini adalah semua guru di seluruh SMK Negeri Kabupaten Okut (Ogan Komering Ulu Timur) Sumatera Selatan, dengan jumlah guru yang telah mengikuti sertifikasi sebanyak 13 orang dan guru yang belum mengikuti sertifikasi sebanyak 64 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan penguasaan materi antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum mengikuti sertifikasi, (2) Terdapat perbedaan pelaksanaan proses belajar mengajar antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum mengikuti sertifikasi, (3) Terdapat perbedaan kepribadian antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum mengikuti sertifikasi, (4) Terdapat perbedaan kemampuan penilaian kelas antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum mengikuti sertifikasi. Kata kunci: sertifikasi guru, kualitas proses belajar mengajar.