@phdthesis{UNY29618, month = {February}, author = {Rofni Wulandari Irma}, title = {UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS X MELALUI PEMANFAATAN MODUL TIK}, school = {U N Y}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/29618/}, abstract = {UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS X MELALUI PEMANFAATAN MODUL TIK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian dan prestasi belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa melalui pemanfaatan modul TIK di kelas X SMA N 1 Ngemplak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, penelitian adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen pene pedoman wawancara dan catatan lapangan. menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang telah terkumpul diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kuantitatif dan d Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian b Informasi dan Komunikasi siswa kelas XC dengan memanfaatkan modul TIK, peningkatan dapat dilihat dari semakin banyaknya siswa yang memperoleh skor kemandirian belajar pa (0\%) pada Siklus 1, meningkat menjadi 3 siswa (6\%) pada siklus 2 dan pada interval 18.5 ? 22.4 dari 3 siswa (8\%) pada siklus 1 meningkat sebanyak 22 siswa (61\%) pada siklus 2. Hasil tes evaluas belajar siswa, hasil evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata mengalami peningkatan dari 83 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 93 pada siklus II. Sedangkan nilai simpangan baku pada siklus I menjadi 8 pada siklus II mempersempit rentang nilai antara yang tinggi dan rendah sehingga nilai siswa dikelas menjadi lebih homogen. Berdasar hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian dan prestasi belajar TIK siswa kelas XC melalui pemanfaatan modul TIK. Kata Kunci : Peningkatan Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar, Modul TIK ABSTRAK DAN PRESTASI BELAJAR DI SMA N 1 NGEMPLAK Oleh Irma Rofni Wulandari 07520241024 encanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian berupa tes evaluasi, lembar observasi, Analisis data pada penelitian ini belajar Teknologi pada interval atas yaitu pada interval 22.5 ? 26.4 dari 0 siswa evaluasi menunjukkan adanya peningkatan prestasi asil sebesar 10 turun II. Adanya penurunan pada simpangan baku tersebut dapat vii litian data kualitatif. elajar rata-rata kelas .} }