%0 Thesis %9 S1 %A Irene, Bayu P %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:29608 %I U N Y %T TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN DAN PRODUK MAKANAN DI OBJEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR KABUPATEN WONOGIRI %U http://eprints.uny.ac.id/29608/ %X TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN DAN PRODUK MAKANAN DI OBJEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR KABUPATEN WONOGIRI Oleh : Irene Bayu P 09511244036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik wisawatan yang berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur, (2) tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari pelayanan di Waduk Gajah Mungkur dan (3) tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari produk makanan di Waduk Gajah Mungkur. Metode dalam penelitian ini adalah survey, yaitu suatu metode penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengetahui bagian–bagian yang mendukung tingkat kepuasan konsumen. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket/kuosioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang ada di warung makan sekitar Waduk Gajah Mungkur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling aksidental, yaitu teknik penetuan sampel berdasarkan kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 150 orang. Validitas instrument dilakukan dengan menggunakan pendapat dari ahli (judgement expert) dan selanjutnya uji coba instrumen dilakukan kepada 30 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan mencari mean, median, modus, dengan analisis perhitungan skewness dan kurtosis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Karakteristik Wisatawan yang berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur didominasi penduduk lokal dengan penghasilan menengah kebawah, (2) Tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari pelayanan di Waduk Gajah Mungkur berada pada kecenderungan negative dan (3) Tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari produk makanan di Waduk Gajah Mungkur berada pada kecenderungan negatif. Kata kunci: Karakteristik Wisatawan, Kepuasan Konsumen, Pelayanan, Produk