TY - THES PB - PGSD A1 - Setiawan, Irvan Setiawan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pecahan siswa kelas III SD Negeri Bendungan III, dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Bendungan III semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Adapun objeknya adalah hasil belajar Matematika siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki komponen tindakan yaitu, perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi sesuai dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan keefektifan tujuan, sehingga hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri Bendungan III meningkat. Meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 26,7%, ketuntasan belajar siklus I sebesar 61,5% dan ketuntasan belajar siklus II sebesar 92,3%. Pada aspek afektif dan psikomotor ditunjukkan dengan perubahan kegiatan guru dan siswa ke arah yang lebih baik. Guru melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP dan hasil refleksi siklus I. Siswa mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian, menggunakan alat peraga dengan baik, aktif, bekerjasama dengan baik serta lebih tekun. Kata kunci : alat peraga pecahan, hasil belajar Matematika ID - UNY29569 TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS III SD NEGERI BENDUNGAN III DENGAN ALAT PERAGA UR - http://eprints.uny.ac.id/29569/ AV - restricted M1 - skripsi Y1 - 2016/02/10/ ER -