%0 Thesis %9 S2 %A Widiowati, Rani %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:29566 %I UNY %K evaluasi, implementasi kebijakan, pendidikan karakter %T Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/29566/ %X Tujuan evaluasi ini adalah mendeskripsikan mengenai implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta dibandingkan meliputi aspek; (a) pengembangan diri, (b) pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan (c) budaya sekolah dan selanjutnya dibandingkan dengan kriteria keberhasilan evaluasi. Evaluasi ini merupakan evaluasi kebijakan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan atau Discrepancy Model. Subyek dalam evaluasi terdiri atas guru dan siswa, penarikan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Variabel dalam penelitian ini meliputi pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam evaluasi ini adalah kuesioner dengan lembar kuesioner peserta didik, telaah dokumen silabus dan RPP dengan lembar telaah, dan observasi dengan lembar observasi Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, Implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan skor sebesar 2,94. Kedua, pengembangan diri dalam implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 3,12. Ketiga, pengintegrasian dalam mata pelajaran dalam implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 3,06. Keempat, budaya sekolah dalam implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 2,77.