%0 Thesis %9 S1 %A Laila, Rizka Ocvi Nur %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:29500 %I PGSD %T PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GERGUNUNG KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN %U http://eprints.uny.ac.id/29500/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPS dengan media audio-visual pada siswa kelas III SD N 1 Gergunung Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2014. Data hasil penelitian diperoleh dari skala dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas III SD N 1 Gergunung. Hasil skala pra siklus rata-rata minat belajar 67% dengan kategori minat belajar rendah meningkat menjadi 74% di siklus I dengan kategori minat belajar rendah dan meningkat menjadi 81% di siklus II dengan kategori minat baik. Pada siklus II minat belajar siswa sudah mencapai kategori baik yaitu ≥76%. Dengan demikian penggunaan media audio-visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa SD N 1 Gergunung. Kata kunci: minat belajar, media audio-visual, IPS