@phdthesis{UNY29402, month = {February}, author = {Fenny Fenny Brilian Arsanti}, title = {TINGKAT PENERIMAAN SOSIAL TERHADAP KEBERADAAN SISWA DIFABEL DI MAN MAGUWOHARJO}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/29402/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) tingkat penerimaan sosial terhadap keberadaan siswa difabel, dan (2) variasi penerimaan sosial terhadap siswa difabel di MAN Maguwoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan jenis penelitian survey. Data tentang penerimaan sosial dikumpulkan dengan menggunakan angket terbuka. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X dan XI MAN Maguwoharjo yang berjumlah70 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgement dan uji validitas item menggunakan teknik indeks daya beda item dengan batas minimal sebesar 0,25. Reliabilitas instrumen diukur dengan alpha cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,909. Teknik analisis data kualitatif menggunakan pengkategorian dengan empat kategori yaitu sangat tinggi, tinggi, rendah, dan sangat rendah. Teknik analisis data kualitatif menggunakan langkah interactive model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 7,1\% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial sangat tinggi, 35,7\% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial tinggi, 45,7\% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial rendah, dan 7,1\% siswa MAN Maguwoharjo terkategori tingkat penerimaan sosial sangat rendah. Dari data kualitatif disimpulkan bahwa pada umumnya siswa MAN Maguwoharjo tidak menerima apabila siswa difabel memiliki perilaku, sikap, atau kepribadian yang negatif, tetapi menerima ketunaan fisik siswa difabel. Kata kunci: tingkat penerimaan sosial} }