%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas III SD Negeri Minomartani 6 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri Minomartani 6 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala perilaku bullying dan kemampuan interaksi sosial. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement kemudian diuji cobakan kepada responden dan dianalisis menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menghasilkan indeks reliabilitas sebesar 0,681 untuk variabel perilaku bullying dan 0,839 untuk variabel kemampuan interaksi sosial. Teknik analisis data diperoleh menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai korelasi antara variabel X dan Y dengan hasil uji hipotesis sebesar -0,832 sehingga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas III SD Negeri Minomartani 6 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Hasil uji hipotesis sebesar -0,832 termasuk dalam interval koefisien 0,800 – 1,00 sehingga termasuk dalam kategori sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa apabila perilaku bulllying tinggi, maka kemampuan interaksi sosial menjadi rendah. Kata kunci: perilaku bullying, kemampuan interaksi sosial %D 2016 %A Regina Putri Pratiwi %I PGSD %T HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI 6 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %L UNY29380