%0 Generic %A Amat Jaedun %A FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN YOGYAKARTA, %D 1998 %F UNY:2938 %T PERSEPSI MAHASISWAD-3 PROGRAMSTUDI TEKNIK SIPIL TERHADAP PELAKSANAAN KULIAH PRAKTEK BENGKEL BANGUNAN %U http://eprints.uny.ac.id/2938/ %X Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi mahasiswa D-3 Program Studi Teknik Sipil FPTK IKIP Yogyakarta terhadap pelaksanaan kuliah praktek bengkel bangunan yang terdiri dari praktek kerja batu, praktek kerja kayu dan praktek kerja plambing yang berkaitan dengan isi (materi) kuliah, pengelolaan Proses Belajar Mengajar dan cara penilaian (sistem evaluasi) yang diterapkan dalam perkuliahan tersebut. . Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa D-3 Program Studi Teknik Sipil di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FPTK IKIP Yogyakarta angkatan tahun 1997. Sampel penelitian diambil dari seluruh populasi (studi sensus) terhadap 40 mahasiswa D-3 yang saat ini aktif mengikuti kuliah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket (kuesioner). Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) bentuk tertutup (fixed-response) dan angket bentuk terbuka. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan terhadap validitas isi (uji validitas logis) dengan mendasarkan para rational judgment melalui seminar dan konsultasi. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi mahasiswa D-3 program studi Teknik Sipil terhadap isi atau materi perkuliahan praktek bengkel bangunan (yang terdiri dari praktek kerja batu, praktek kerja kayu, dan praktek kerja plambing) secara keseluruhan cenderung Cukup Baik. Namun pada beberapa mata kuliah praktek, kebaruan materi yang diajarkan dalam perkuliahan cenderung sudah out of date; Kedua, persepsi mahasiswa terhadap pengelolaan PBM yang dilakukan oleh dosen dalam perkuliahan praktek bengkel bangunan secara keseluruhan cenderung Cukup Baik. Namun demikian, pada beberapa mata kuliah praktek aspek-aspek dalam pengelolaan PBM yang perlu diperbaiki, adalah mengenai: (1) kesesuaian materi kuliah dengan silabi yang telah ditetapkan; (2) penjelasan atau gambaran yang diberikan dosen tentang maksud dan pentingnya topik; (3) kehadiran dosen dalam memberikan kuliah; dan (4) supervisi atau pengamatan dan bimbingan oleh dosen selama PBM berlangsung; dan Ketiga, persepsi mahasiswa terhadap sistem evaluasi atau cara penilaian yang diterapkan oleh dosen dalam perkuliahan praktek bengkel bangunan secara keseluruhan cenderung Cukup Baik. Namun demikian, pada komponen ini ada beberapa aspek dari cara penilaian atau sistem evaluasi yang perlu ditingkatkan, yaitu mengenai: (1) penilaian dosen terhadap proses pelaksanaan pekerjaan (langkah kerja); dan (2) penilaian dosen selama PBM berlangsung. Dan a : DIK-S IKIP Yogyakarta Kata Kunci: Persepsi (Perception)