<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN"^^ . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN\r\nOleh :\r\nHanan Setyadi\r\n06504241010\r\nABSTRAK\r\nPenelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dengan\r\nmenggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams\r\nAchievement Divisions) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar\r\nsiswa pada mata pelajaran Memahami Proses-Proses Dasar Permesinan\r\nkelas X Otomotif C. Pembatasan materi yang dilakukan pada materi\r\nmaterial logam dan non logam serta sifat-sifatnya.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK),\r\nmodel pembelajaran yang dilakukan adalah model kooperatif STAD.\r\nSistematika penelitian yang dilakukan dengan 3 siklus yang setiap\r\nsiklusnya berdurasi 2 x 45 menit. Subyek penelitian melibatkan kelas X\r\nOtomotif C SMK Muhammadiyah 4 Klaten yang berjumlah 28 siswa.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi pada saat\r\npelaksanaan pembelajaran. Langkah awal pembelajaran yang dilakukan\r\nadalah melakukan pembelajaran prasiklus dengan metode ceramah, di\r\nakhir pembelajaran diberikan soal untuk mengetahui kemampuan awal\r\nsiswa dan pengisian kuisioner serta kesimpulan. Pada siklus I dan II\r\nSTAD mulai diterapkan. Siswa dibagi dalam kelompok secara heterogen\r\nmenjadi 7 kelompok kecil. Langkah berikutnya tiap kelompok melakukan\r\ndiskusi yang telah ditugaskan dan mempresentasikan. Hasil presentasi\r\ndan keaktifan siswa akan dinilai dengan mengobservasi pada saat\r\npembelajaran berlangsung. Pada akhir siklus dilakukan test akhir untuk\r\nmengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran\r\ndengan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan\r\nhasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran yaitu\r\naktivitas siswa pada prasiklus sebesar 37,74% dengan kategori kurang,\r\nsiklus I sebesar 69,76% dengan kategori kurang dan siklus II sebesar\r\n79,64% dengan kategori sedang. Hasil belajar siswa, pada prasiklus\r\nsebesar 46,92% dengan kategori kurang, siklus I sebesar 67,14 % dengan\r\nkategori kurang, siklus II sebesar 83,29% dengan kategori baik."^^ . "2016-01-27" . . . "U N Y"^^ . . . "Fakultas Teknik, U N Y"^^ . . . . . . . . . "Setyadi"^^ . "Hanan"^^ . "Setyadi Hanan"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN (Text)"^^ . . . "Hanan Setyadi 06504241010.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT\r\nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL\r\nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN\r\nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK\r\nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #29354 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT \nTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL \nBELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN \nMEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK \nMUHAMMADIYAH 4 KLATEN\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Otomotif" . .