%K bahan ajar, fisika terintegrasi, hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari, (2) mendeskripsikan kriteria kualitas bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari, dan (3) mendeskripsikan keefektian bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Metode penelitian pengembangan dimodifikasi dari strategi pengembangan oleh Borg & Gall, meliputi: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, penelaahan/validasi, revisi, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba, uji coba operasional, revisi produk akhir, serta diseminasi dan implementasi. Desain uji coba yang digunakan adalah uji penelitian dalam bentuk eksperimen semu. Uji coba ini dilaksanakan di SMAN 1 Mlati. Subjek coba terdiri dari kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol. Data dihimpun dengan menggunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda, yang terdiri dari pretest dan posttest. Instrumen tes diuji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan dalam uji coba operasional. Data dianalisis statistik inferensial dengan menggunakan uji multivariate anova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari ini antara lain: (1) karakteristik produk bahan ajar yaitu: terdapat animasi, simulasi praktikum, soal dan umpan balik, serta konten materi yang integratif, (2) produk bahan ajar memiliki kriteria kualitas baik, dan (3) produk bahan ajar efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. %D 2016 %I UNY %A Adela yunita Angelina %T Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi dengan Terapannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA %L UNY29338