eprintid: 29327 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/02/93/27 datestamp: 2016-01-27 07:00:59 lastmod: 2019-05-09 07:05:45 status_changed: 2016-01-27 07:00:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anika, Dina title: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan Kabupaten Sleman ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: pps_ips full_text_status: public keywords: model pembelajaran, hasil belajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS. Penelitian eksperimen ini menggunakan matched subjects designs. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII C di SMP N 2 Turi dan peserta didik kelas VIII B di SMP N 3 Kalasan. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang terdiri atas dua kategori, yakni: model pembelajaran berbasis masalah dan model kooperatif tipe Think Pair Share. Variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Analisis validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Data diolah menggunakan analisis T- test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rerata sebesar 83, 19 lebih tinggi dibandingkan rerata dengan model TPS 73, 88. Peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif tipe Think Pair Share diperoleh T hitung 15, 189 > T tabel 2, 042 pada taraf signifikansi 0,05, artinya terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS. date: 2015-08-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarja thesis_type: tesis citation: Anika, Dina (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/29327/7/tesis-dina-anika-maharyani-13705251044.swf