@phdthesis{UNY29326, year = {2016}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, title = {Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016}, author = {SANTI RAHAYU}, url = {http://eprints.uny.ac.id/29326/}, keywords = {Penelitian Tindakan Kelas, Course Review Horay, Aktivitas Belajar Akuntansi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui implementasi Model Course Review Horay Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akunatansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan catatatn lapangan, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi aktivitas belajar. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif yang menunjukkan penilaian atas kemunculan aktivitas belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Course Review Horay dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada aspek-aspek aktivitas belajar yaitu aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas metrik, dan aktivitas mental. Berdasarkan data hasil observasi pada siklus I diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 67,10\% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,99\%, hal ini berarti tedapat peningkatan sebesar 15,89\% (Absolut) dan 23,68\% (Relatif).} }